Berita

Antisipasi Libur Panjang di DIY, Dishub Lakukan Sejumlah Operasi

Oleh : Trida Ch Dachriza / Selasa, 27 Oktober 2020 18:00
Antisipasi Libur Panjang di DIY, Dishub Lakukan Sejumlah Operasi
Ilustrasi kemacetan-Gudegnet/Trida

Gudeg.net—Memasuki libur panjang cuti bersama Maulud Nabi pada 28 Oktober hingga 1 November 2020 mendatang, Dinas Perhubungan (Dishub) DI Yogyakarta mengeluarkan beberapa antisipasi atas situasi.

Mengacu pada rilis resmi yang diterima Gudegnet pada hari Selasa (27/10), situasi yang harus diantisipasi baik oleh Dishub, masyarakat, dan pendatang adalah yang pertama adalah mobilitas masyarakat mudik-balik dari dan keluar DIY pada saat bersamaan berpotensi kemacetan.

Berikutnya adalah iklim/cuaca cenderung ekstrem, rawan terhadap adanya bencana alam (banjir, longsor, pohon tumbang, dan lainnya) yang membahayakan pengguna transportasi, dan terakhir wilayah DIY masih pada masa tanggap darurat pandemi Covid-19.

Menghadapi situasi ini, Dishub DIY meluncurkan beberapa rencana operasi. Berikut operasi yang akan dilakukan selama libur panjang akhir pekan ini;

- Kamseltibcarlantas (keamanan, keselamatan, kelancaran lalu lintas) dilaksanakan oleh kepolisian daerah DIY beserta jajarannya

- Selcarlantas (keselamatan kelancaran lalu lintas) dilaksanakan oleh Dishub se-DIY sesuai kewenangan dan wilayahnya.

- Sehat Covid-19 (patroli penegakan tertib prokes Covid-19 di obyek wisata) dilaksanakan oleh Dishub DIY berkoordinasi dengan jajaran Pol-PP DIY dalam Satuan Tugas penanganan Covid-19 DIY.

Langkah-langkah yang akan ditempuh untuk kelancaran operasi ini adalah sebagai berikut;

- Pengendalian rekayasa lalu lintas teknis (atcs) dan praktis (pengaturan petugas di lapangan) pada ruas jalan utama pintu masuk wilayah DIY yaitu : Prambanan, Tempel, Temon dan termasuk ruas Jalan Patuk, Gunungkidul.

- Koordinasi lintas sektor untuk menjamin kesiapan sarana-prasarana lalu lintas jalan yang aman dan selamat.

- Koordinasi jajaran Dishub Kab/Kota terhadap pengawasan kelayakan kendaraan angkutan umum/pariwisata yang beroperasi pada masa liburan/akhir pekan.

- Menindaklanjuti analisis simpang tertentu guna pengendalian rekayasa lalu lintas, khususnya pada simpang utama dan dalam zona CBD.

- Melaksanakan patroli pemantauan dan pengendalian Covid-19 di obyek wisata, khususnya terhadap armada angkutan pariwisata dan travel.

- Identifikasi, inventarisasi, dan penyediaan sarana lalu lintas (rambu darurat) pada lokasi/ruas jalan tertentu yang rawan terhadap lakalantas serta bencana tanah longsor akibat bencana cuaca ekstrem, memberikan informasi/rambu petunjuk tambahan dalam rangka rekayasa lalu lintas guna mengatasi kemacetan lalu lintas.

- Mengimbau kepada simpul transportasi (terminal/stasiun/bandara) sebagai pintu masuk wilayah DIY agar tetap melaksanakan pengendalian penanganan Covid-19.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    ARGOSOSRO FM 93,2

    ARGOSOSRO FM 93,2

    Argososro 93,2 FM


    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SWARA KENANGA 100.1 FM

    SWARA KENANGA 100.1 FM

    Purworejo - FM 100.1 MHz


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini