Seni & Budaya

Mengintip Persiapan Upacara Tawur Agung

Oleh : Budi W / Senin, 00 0000 00:00
Mengintip Persiapan Upacara Tawur Agung



Ratusan umat Hindu Yogyakarta melakukan persiapan Upacara Tawur Agung 1937 Caka di Pura Jagad Natha, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Sejumlah uba rampe telah tertata apik meski sore ini harus dibawa menuju Pelataran Selatan, Kompleks Candi Prambanan Yogyakarta.

Meski ramai, tanpa dikomando para umat telah mengklasifikasikan kegiatan masing - masing, sebut saja mempersiapkan Gamelan Bali yang sedianya malam ini harus ada di Pelataran Candi Prambanan guna mempersiapkan gladi bersih, ada juga para ibu yang sedang merangkai wangen serta aneka sajen.

Ditemui Tim Gudegnet sore ini dikawasan pura, Sekretaris kegiatan Wayan Ardiasa menerangkan bahwa persiapan yang dilakukan umat untuk melaksanakan Prosesi Tawur Agung telah mencapai 90%. "Kami telah mengagendakan kegiatan ini semenjak 2 bulan lalu, sehingga seluruh panitia siap", tukasnya.

Presiden RI, Joko Widodo pun sedianya akan memberikan sambutan dalam rangka menyambut Peringatan Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1937. Sehingga menurutnya, segala sesuatu memang telah dipersiapkan secara matang.

Ia menegaskan bahwa tahun ini, akan ada sekitar 15 ribu umat Hindhu yang akan datang guna mengikuti upacara itu. "Tidak hanya dari Indonesia saja, namun ada yang datang dari sejumlah negara sahabat", terangnya.

Ia pun berharap dengan dilaksanakan penyelenggaraan upacara agung ini, seluruh umat tidak hanya umat Hindhu menjunjung tinggi kebersamaan.

Sebagai informasi, setelah upacara sedianya akan dilaksanakan kirab Ogoh - ogoh yang akan dimulai didua lokasi. Pertama yakni dari Candi Prambanan menuju Titik Nol KM Jogja, selanjutnya kelompok kedua akan diberangkatkan dari Kawasan Parkir Monumen Jogja Kembali - Jl Condrolukito - Masjid Blunyah Gede - Nol KM.

Kirab akan dilakukan antara jam 13.00 WIB (start Candi Prambanan) dan 13.30 (Kawasan Parkir Monumen Jogja Kembali).

 


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini