Pariwisata

Fakta Mengenai Museum Anak Kolong Tangga yang Kini Tutup

Oleh : Budi W / Senin, 10 Juli 2017 13:00
Fakta Mengenai Museum Anak Kolong Tangga yang Kini Tutup
Museum Kolong Anak Tangga/ Budi W

 

www.gudeg.net, Yogyakarta - Sudah eksis semenjak 2008, museum yang dahulu menjadi jujugan anak-anak dan juga orang dewasa yang ingin mengulang masa lampau ini bakal segera tutup karena pihak TBY akan menutup Museum Pendidikan dan Mainan Anak Kolong Tangga karena ruang pamer yang biasa digunakan, tahun depan akan digunakan sebagai ruang pembelian tiket. Pihak TBY menerangkan bahwa museum ini diharapkan sudah tidak menempati lokasi semula pasca selesai renovasi gedung. Berikut faktanya.

#1 Miliki belasan ribu koleksi
Museum yang awalnya hanya memiliki seribu koleksi ini terus berkembang selama sembilan tahun yang akhirnya telah menyimpan sebanyak delapan belas ribu koleksi objek. Perkembangan yang cukup masif ini tentunya membutuhkan ruang yang jauh lebih besar apabila museum ini dibuka kembali.

#2 Tak cuma mainan nusantara, dari luar negeri juga ada
Koleksi mainan dari Sabang sampai Merauke pun ada disini, paling mudah diingat mainannya yakni jenis boneka, gangsing, bongkar pasang, robot mainan, monopoli, congklak bahkan peralatan belajar tradisional seperti batu sabak dan sempoa juga ada ditempat ini. Tak hanya itu, koleksi mainan dari negeri bekas Uni Sovyet seperti  Matryoska serta Marionette yang merupakan karakter utama dalam kisah Pinocchio juga ada disana.

#3 Menurut pengelola museum, pemberitahuan mendadak
Hari Senin (3 Juli 2017), proses renovasi gedung TBY sudah berjalan dan pihak pengelola museum menerima surat pemberitahuan pada hari yang sama, sehingga sejak Selasa (4 Juli 2017), Museum Pendidikan dan Mainan Kolong Tangga harus tutup untuk jangka waktu yang tidak bisa dipastikan. Pemberitahuan yang tiba-tiba ini mengharuskan Redy Kuswanto dan kawan-kawan bertindak mengamankan koleksi dan pemindahannya, meskipun sangat sulit dan tidak tahu harus dibawa ke mana.

#4 Butuh donasi ruang yang besar
Karena belum memiliki lokasi yang mapan, pihak museum saat ini masih kebingunan mencari alternatif lokasi untuk pemajangan benda koleksi museum. Redy menyatakan masih belum memperoleh tempat yang representatif untuk menjaga koleksi yang ada.

Nah itu dia sejumlah fakta unik mengenai Museum Anak Tangga yang bakal tutup. Semoga dengan adanya peristiwa ini, ada pihak yang sudi membantu memberikan donasi ruangan yang cukup pada pengelola.


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    UNIMMA FM 87,60

    UNIMMA FM 87,60

    Radio Unimma 87,60 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini