Pariwisata

Java Summer Camp Sukses Tularkan Tradisi Lokal

Oleh : Budi W / Senin, 28 Agustus 2017 08:09
Java Summer Camp Sukses Tularkan Tradisi Lokal
Latihan Jemparingan Gaya Mataraman


www.gudeg.net, Yogyakarta - Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman sukses menyelenggarakan Java Summer Camp 2017. Event yang sudah berlangsung ke-6 kali ini berlokasi di Candi Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Secara umum, peserta berasal dari kawasan seluruh Indonesia bahkan ada yang berasal dari negara seberang seperti Jepang dan Polandia yang memiliki ketertarikan untuk mempelajari kebudayaan serta alam di Yogyakarta.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut diawali dengan belajar membatik dan pewarnaan alam, diteruskan dengan belajar microbloging dan fotografi, berkeliling Candi Prambanan dengan Komunitas Malam Museum dan BPCB DIY, jelajah Candi Banyunibo, Candi Barong, Candi Ijo, Tebing Breksi dan melihat persembahan sendratari ramayana. 

Kemudian dihari ketiga, berlangsung Jemparingan gagrak Mataraman. Unik, jemparingan ini merupakan seni memanah yang diwariskan sejak masa HB I, pendiri Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Menurut Hafiz Priyotomo, perwakilan dari  Komunitas Jemparingan Langenastro mengatakan bahwa rasa, pikir dan hati menjadi satu. "Tumpuannya dari tiga aspek tersebut," katanya.

Secara umum, kegiatan yang sebagian besar diikuti oleh 184 generasi muda ini terus mengajak sekaligus menularkan kegiatan positif sebagai bekal masa depan para pesertanya. Nusantara didirikan dari sejarah yang begitu panjang. Mempelajari masa lalu merupakan upaya untuk mempelajari suatu hal agar kita mampu membuat keputusan yang jauh lebih bijak demi masa depan Nusantara. 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    IRADIO 88.7 FM YOGYAKARTA

    IRADIO 88.7 FM YOGYAKARTA

    100% Musik Indonesia, Cinta Musik Indonesia.


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini