Pendidikan

Unjani Selenggarakan Webinar, Paparkan Strategi Pembelajaran Era New Normal

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Sabtu, 11 Juli 2020 12:00
Unjani Selenggarakan Webinar, Paparkan Strategi Pembelajaran Era New Normal
Ahmad Hanafi, S.T., M.Eng, (kiri) salah satu pemateri dalam webinar "Mengelola Pembelajaran Era New Normal", Sabtu (11/7) - Gudegnet/ Wirawan Kuncorojati

Gudeg.net - Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) menyelenggarakan webinar membahas Pembelajaran Era New Normal, Sabtu (11/7). Berbagai hal menjadi materi bahasan seperti cara merencanakan pembelajaran, optimalisasi teknologi informasi, dan yang lainnya.

Salah satu pembicara,  Dr. Ratna Wardani, S. Si., M.T,  dosen Fakultas Teknik UNY yang juga pakar Teknologi Bidang Pendidikan, antara lain menyampaikan materi mengenai perencanaan pembelajaran. 

Ratna menyarankan agar guru menata penyampaian materi per minggunya, baik mengenai intruksi, tugas-tugas, juga desain pembelajaran yang akan digunakan.

Ia juga membahas mengenai pembelajaran sinkron, yakni bagaimana merancang interaksi agar siswa tetap fokus dan dapat memahami apa yang disampaikan guru.

"Bagusnya setiap tujuh menit kita berikan pancingan pertanyaan. Bisa gunakan note, white board virtual, jadi dia mengalami. Bagaimana merancanag pembelajaran aktif, yang penting mengalami, interaksi, komunikasi, dan refleksi," kata Ratna saat menyampaikan materi webinar, Sabtu (11/7).

Sementara itu, Ahmad Hanafi, S.T., M.Eng, Dosen Sistem Informasi Unjani Yogyakarta yang juga pembicara dalam webinar antara lain menyampaikan agar guru tak hanya berfokus pada materi yang sedang diajarkan, namun juga pada life skill yang akan berguna ke depan.

Ia mencontohkan metode penilaian dengan membuat video sebagai proyek akhir. Suatu kali, ia meminta mahasiswa memperkenalkan wisata di Yogyakarta menggunakan bahasa Inggris, untuk kemudian diunggah di situs Youtube.

"Jadi sangat banyak materinya, hard skill-nya dapat, yang kaitannya dengan speaking bahasa Inggris, yang kedua terkait dengan bagaimana memproduksi video dalam kemasan di Youtube," ucapnya.

Era new normal menuntut perubahan peran pelaku pendidikan seperti guru orang tua siswa dan sekolah. Ia menyinggung sejumlah pergeseran seperti tanggung jawab pembelajaran yang sebelumnya mutlak terletak pada guru, saat ini melibatkan partisipasi orang tua. Selain itu, berubahnya ruang belajar, metode penyampaian materi, dan yang lainnya. 

Webinar ini merupakan bagian dari Unjaya For School, program pengabdian masyarakat dari Unjani yang dikhususkan untuk sekolah menengah dalam menghadapi persaingan di dunia digital. Acara ini terselenggara atas kerja sama Unjani dengan PT Citraweb Digital Multisolusi (CDM). 

Melalui brand-nya Citrahost dan Citraweb School, PT CDM mendukung Unjaya For School. "Dukungan dari Citrahost dan Citraweb School tentunya akan memberikan support dalam hal penyediaan platform website profil sekolah, di mana dalam tersebut ada sistem pembelajaran online," kata Aditya Prakoso, Deputi Direktur PT CDM.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RAKOSA 105,3 FM

    RAKOSA 105,3 FM

    Rakosa 105,3 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini